Sabtu, 08 Oktober 2011

Perawatan Komputer

Cara perawatan komputer – kali ini kami akan berbagi tips cara perawatan komputer atau cpu. Sebelumnya kami akan menjelaskan sedikit tentang Cpu.
CPU atau Central Processing Unit Adalah Tempat dimana Perangkat keras seperti HardDisc, Memory,Processor dan Lain-lain.CPU ini adalah tempat dimana juga proses transfer data data komputer ke perangkat lain di CPU. Tempat dimana Pusat Lalu Lintas data Atau Istilahnya Kantor Pos Adalah di Motherboard atau Mainboard. Mainboard adalah tempat dimana lalu Lintas data akan menuju ke perangkat lain. Mengapa Mainboard sama dengan kantor Pos? Karena Mainbord Adalah tempat dimana bila data akan diterima oleh Mainboard kemudian Mainboard akan membaca alamat data tersebut ke Perangkat keras tujuan.
Contohnya Kita mau Membuka data dari Flash Disc Maka data Flash Disc menuju ke Mainboard kemudian Mainboard mengirimkan data ke HardDisc Dan kita Akan Membuka datanya Maka data itu dikirim kembail ke Mainboard kemudian Ke Memory untuk Membuka Program untuk membuka data tersebut dan data itu kembali lagi ke HardDisc. Begitu Prosesnya memang Rumit tapi ini hanya singkatannya tai kalau sebenarnya akan ditambah Perangkat kers Processor jadi makin Rumit kali. Karena CPU dan Mainboard Sangat Penting Tapi Gak luput dari kerusakkan mulai dari alam ataupun statis.
Kalau kerusakkan dari Alam paling sering ada di Kipas Processor Kipas Komputer Dan Kipas Power Suply. Sedangkan Kerusakkan Statis adalah Kerusakkan Disebabkan Oleh Listrik Contohnya Mainboard terbakar akibat terjadi arus pendek listrik pada Mainboard.
Tips cara perawatan komputer :
1. Gunakanlah Stabilizer
Agar dapat mencegah Mainboard dan perangkat keras rusak akibat arus listrik Tidak Stabil Dan kami sarankan anda menggunakan UPS Karena apa? Karena UPS dapat menyimpan listrik saat listrik Padam sehingga anda dapat mematikan komputer dengan benar.
2. Matikan Komputer dengan benar
Karena komputer beda dengan alat Eletronik Lainnya Komputer harus dimatikan dengan benar agar HardDisc tidak rusak karena listik di HardDisc Tiba-tiba padam.Cara Mematikan Beragam Tenggantung Versi Dan Sistem Operasi yang anda gunakan.
3. Cara mematikan komputer dengan benar
Sebenarnya mudah tapi banyak Awam mematikan komputer dengan cara mencabut kabel listrik ataupun mematikan langsung pencet tombol off bagi komputer lama.
Untuk Windows XP Tampilan Welcome Screen Caranya Sangat Mudah Yaitu.Tekan Start>Turn Off Computer>Pilih Turn Off Bila Anda menggunakan Komputer versi lama Biasanya setelah mati akan muncul tulisan berikut: It’s Now Safe to Turn off Your Computer
Windows XP Khusus Classic Logon Prompt
Untuk yang jenis ini sama dengan yaaang ada di Windows 9X Cuma tampilannya aja yang beda begini caranya.Tekan Start>Shut Down>Dipilihan itu Pilih Shut Down>OK. Bila Anda menggunakan Komputer versi lama Biasanya setelah mati akan muncul tulisan berikut: It’s Now Safe to Turn off Your Computer.
4. Bersikanlah CPU Menggunakan Dust blower ataupun Vacum Cleaner mini yang bertekana.
Sedang setiap 1 Tahun Sekali Bila Komputer anda gunakan sudah tua kami sarankan untuk menggunakan Dust Blower karena bila anda
menggunakan Vacume Cleaner mungkin nanti beberapa komponen seperti capasitor akan Tercabut bila dikomputer tua.
5. Selalu mengupdate driver anda.
karena semakin lama semakin banyak versi driver yang ada di komputer anda.
6. Pasangkan dan Updatekan anti Virus.
Kami sarankan anda menggunakan anti Virus luar Negeri dan Dalam Negeri agar dapat membunuh virus Internasional dan Nasional.
7. Pasangkan Anti Malware
Kalau bisa banyak karena Anti Malware beda dengan Anti Virus Dan Firewall Yang hanya 1 Program saja tapi beda dengan Anti Malware.Dan Update kan Anti Malware anda agar Database Malware di perbarui.
8. Gunakanlah Program Utilites
Program ini bisa memperbaiki komputer anda dari masalah diakibatkan oleh Virus atau Hacker.Salah Satunya adalah TuneUp Utilites 2011. Program ini dapat memperbaiki masalah yang ada di komputer anda Karena program ini dapat mencakupi 95% Masalah yang ada di CPU anda.
9. Selalu melakukan Perbaikan Rutin
Menggunakan program TuneUp Utilites 2011. 1 Minggu Sekali agar Komputer anda bisa lebih Cepat Dan Lebih Cekatan.
10. Gunakan Apilikasi TuneUp Turbo Mode
Agar Komputer anda lebih Cekatan
11. Gunakanlah Aplikasi TuneUp 1 Click Mainternance
Agar Komputer bisa bebas dari Sampah Internet memperbaiki Start Up Anda dan Bisa membersikan Sampah Registry
12. Gunakanlah TuneUp Registry Defrag
Untuk merapikan Data Registry anda setelah menjalankan 1 Click Mainternance.
13. Gunakanlah TuneUp Drive Defrag
Agar Data yang ada di Hard Disc Anda rapi dan Tersusun.
Semoga tips ini berguna untuk anda…
Smber: http://indojaya.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar